Home » » Sifat Bahan dan Kegunaannya

Sifat Bahan dan Kegunaannya

Setiap bahan memiliki sifat tertentu yang membedakannya dengan bahan lain. Namun, ada pula kesamaan sifat antara suatu bahan dengan bahan lain. Misalnya: Kertas dan kain bersifat menyerap air, Kayu dan pipa bersifat keras. Bahan-bahan yang umum digunakan adalah logam, kaca, plastik, karet, dan kayu.

A. Jenis-jenis Bahan
  • Logam. Dalam kehidupan Sehari-hari jenis logam yang sering digunakan bersifat keras misalnya besi, tembaga, dan aluminium.
  1. Besi : Besi merupakan logam paling banyak digunakan. Besi dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan baja. Besi murni adalah logam yang mengkilap dan berwarna putih perak. Besi murni lebih mudah dibentuk karena lentur.
  2. Tembaga : Tembaga adalah bahan logam yang amat bermanfaat bagi kita. Sifatnya yang mudah menghantarkan panas dan listrik digunakan sebagai bahan dasar pembuatan kawat penghantar dan untuk membuat peralatan memasak.
  3. Aluminium : Aluminium adalah logam yang paling berlimpah di kerak bumi. Sifatnya lentur, ringan, konduktor listrik, konduktor panas, dan tahan karat. Aluminium digunakan untuk alat masak, alat kerja, dan bahan pesawat terbang.
  • Kaca. Sifat kaca adalah tembus cahaya, tidak menyerap air, mudah pecah, keras, dan mengkilap. Kaca juga dapat dicampur dengan bahan lain seperti Boraks agar tahan panas.
  • Plastik. Plastik tidak tembus air dan tidak dapat diurai oleh bakteri. Bahan dasar plastik yang umum berasal dari bahan kimia turunan minyak bumi. Plastik tidak dapat diurai oleh bakteri sehingga sangat merugikan karena dapat menjadi sampah abadi. Penanggulangannya adalah dengan mendaur ulang plastik.
  • Karet. Karet alami berasal dari getah pohon karet yang disebut Lateks. Sifat karet mentah kurang menguntungkan karena terlalu lunak. Agar lebih keras, karet mentah dicampur dengan belerang. Proses seperti ini disebut dengan Vulkanisasi.
  • Kayu.
    Kayu bersifat kuat, keras, dan dapat keropos oleh rayap. Kayu berasal dari batang pohon. Setiap pohon menghasilkan kayu yang khas. Misalnya kayu jati yang sifatnya kokoh dan memiliki urat kayu yang indah Kayu jati juga tahan rayap sehingga kayu jati sangat mahal harganya.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Pengetahuan Alam - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger